;

Translate

Friday, November 22, 2013

Resep Bandeng Presto Enak dan Mantap

Friday, November 22, 2013

Bandeng presto sekarang ini semakin banyak peminatnya, karena selain memiliki rasa yang enak seluruh tubuh ikan bandeng ini bisa kita makan karena durimya yang lunak. Bagi anda yang ingin mencoba membuat pindang presto sebaiknya anda mengetahui Resep Bandeng Presto tersebut.

Di catatan kali ini selain kita akan mengetahui resep bandeng presto, kita juga akan mengetahui proses pembuatannya. Ternyata bahan - bahan yang digunakan pada bandeng presto ternyata sangat sederhana dan mudah kita dapatkan,

Namun sebelumnya, saya informsikan bahwa Resep Bandeng Presto Enak dan Mantap di bawah ini bisa anda sesuaikan (takaran bumbu) dengan banyaknya ikan bandeng yang akan dibuat, tidak mesti berpatokan 5 kg ikan saja. Kalau ikan bandengnya kecil - kecil bisa anda mencoba 2 kg ikan dan bumbu yang dipakai harus disesuaikan engan banyaknya ikan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat bandeng presto:
Untuk membuat bumbu presto sebanyak 5 kg yang dilumurkan pada ikan-ikan bandeng, dibutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

1.    200 gr  bawang merah
2.    100 gr  bawang putih
3.    100 gr  gula pasir
4.    150 gr gula halus
5.    750 gr tomat
6.    25 gr jahe
7.    25 gr kunyit
8.    5 batang serai
9.    1 liter air.
10.    ½ sdm peres penyedap rasa
11.    Telur kocok
12.    Daun pisang/aluminium foil secukupnya untuk penyajian.

Adapun bumbu untuk membuat sambal asam manis adalah sebagai berikut:
1.    150 gr cabe merah besar
2.    50 gr cabe merah keriting
3.    50 gr bawang merah
4.    50 gr bawang putih
5.    50 gr tomat matang
6.    3 sdm kecap asin
7.    2 sdm kecap manis
8.    2 sdm magi saus

Bahan lain yang difungsikan sebagai sayur (lalapan) untuk pelengkap penyajian bandeng presto adalah:
1.    Daun slada besar
2.    Mentimun
3.    Kemangi
4.    Kacang panjang
5.    Petai rebus atau goreng
6.    Tespong
7.    Sawi (sosin)
8.    Daun sayur-sayuran lainnya sesuai selera

Paeralatan yang diperlukan adalah:
1.    Pisau
2.    Talenan
3.    Baskom/tempat plastic
4.    Blender
5.    Wajan/penggorengan
6.    Panci presto/ pressure cooker
7.    Kompor

Proses pengolahan bandeng presto

Memilih ikan
Pilihlah ikan yang benar-benar segar, lalu kelompokkan berdasarkan ukurannya. Untuk ikan yang berukuran besar bisa ditaro ditumpukan paling bawah pada saat berada di dalam presto.

Membersihkan ikan
Sayat ikan bandeng dengan pisau yang tajam mengikuti garis tutup insang (pelinding insang), hal itu dilakukan pada kedua belah bagian tubuh ikan. Selanjutnya potong insang pada titik penempelnya. Kemudian, tarik keluar bagian membrane yang ada di belakang insang berikut isi perutnya.

Cara membumbui ikan Bandeng Presto
Sebelum dibumbui, kumpulkan ikan yang telah bersih dalam panci yang berisi larutan garam 3%, artinya 60 gram garam dilarutkan dengan 2 liter air, rendamlah ikan bandeng selama 20 menit. Semua bumbu yang disebutkan diatas tadi diblender hingga lembut kecuali serai.

Khusus serai sebaiknya digencet hingga pipih, sehingga dapat berfungsi sebagai pelengkap rasa dan aroma dalam perebusan. Ikan yang sudah bersih, satu persatu kemudian dilimuri dengan adonan bumbu yang telah siap secara merata. Biarkan satu jam agar bumbu benar-benar meresap ke tubuh ikan bandeng.

Membungkus ikan Bandeng
Selanjutnya, ikan bandeng yang telah dibumbui kemudian dibungkus satu persatu dengan menggunakkan daun pisang atau aluminium foil atau bisa juga memakai plastic. Lakukan pembungkusan dengan rapi agar ikan bandeng yang sudah matang tidak hancur ketika diangkat.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


ISI BLOG INI HANYA BERBAGI INFORMASI SEPUTAR PELUANG WIRA USAHA ATAU BISNIS RUMAHAN, TRIMAKSIH ATAS KUNJUNGANNYA.

Peluang Usaha - 5:09 PM