;

Translate

Wednesday, April 23, 2014

Resep Minuman Dari Pisang Klutuk Anggur Pisang

Wednesday, April 23, 2014

Di negeri berhawa dingin anggur adalah minuman lumrah, sama lumrahnya orang sana meneguk segelas bir yang di negeri  Timur menjadi barang langka untuk orang berkantong tipis. Minuman tersebut menghangatkan tubuh karena kandungan alkohol yang terdapat di dalamnya. Kadang-kadang kandungan alkoholnya tinggi, kalau diminum dalam jumlah banyak dapat membuat mabuk. 

pisang klutuk, Resep Minuman, minuman Dari Pisang Klutuk, Anggur Pisang, Resep Minuman Dari Pisang, resep pisang

Kita yang hidup dipedesaan dapat membuat minuman berkadar semacam itu. Ingat bagaimana membuat anggur dari tape? Dan masih banyak jenis makanan lain yang dapat diarahkan ke sana. Kali ini mari kita mencoba keterampilan baru dengan menggunakan bahan dari pisang klutuk, dan inilah resep minuman dari pisang klutuk atau anggur pisang :

Pisang Klutuk

Pisang klutuk termasuk pisang klas bawah, rasanya manis tetapi orang tak menyukai karena banyak bijinya. Kulitnya tebal seperti orang bebal. Pada umumnya petani tak suka menanam jenis pisang ini. Bahkan kalau terdapat tumbuh dikebunnya secara liar lantas ditebang dan diganti tanaman jenis lain, misalnya pisang Ambon, pisang Mas, pisang Kapok, atau pisang Raja, pisang Tawi dsb nya. Karena itu pisang klutuk banyak kita jumpai sebagai tanaman liar yang beroperasi dimalam hari.

Meskipun pisang klutuk tak bernilai ribuan rupiah dan berbiji tetapi rasanya sungguh-sungguh manis dan berbau harum, karena itu mempunyai potensi untuk diolah menjadi anggur. Dan anggur yang dihasilkannya jauh lebih bermutu dari pada jenis-jenis pisang lainnya. 

Pembuatan anggur pisang klutuk juga dimaksudkan untuk mendayagunakan mutunya, sekaligus menerapkan teknologi di pedesaan. Siapa tahu di masa mendatang kita dapat menyaingi pasar di Eropa dari desa klutuk yang tersebar di berbagai pulau di negeri kita.

Bahan Untuk Membuat Minuman Pisang


  • Buah pisang klutuk : 1 kg kupas dan pilih yang masak
  • Taoge (kecambah) : 2 ons
  • Ragi roti (gees) : 3 sdt
  • Air bersih : 6 liter
  • Gula pasir : 1 kg

Dari segi harga pisang klutuk hampir tidak bernilai. Satu tandan besar yang berisis sampai 12-18 sisir paling tinggi hanya  dapat ditukar dengan uang sekitar Rp 400,00-Rp 500,00. Itu pun harga dikota, sebab didesa hampir tak ada orang yang mau membelinya.

Ragi Roti

Peralatan yang diperlukan untuk membuat anggur pisang klutuk sangat sederhana dan banyak tersedia, misalnya botol dan jerigen mudah kita peroleh di desa-desa, hanya proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama. Bahkan proses ini dapat diulur lebih lama lagi untuk mendapatkan mutu yang lebih baik.
Dalam proses peragian, gula yang terdapat pada pisang klutuk menjadi alkohol oleh zat yang disebut (Saccaromyces Cereviceae). 

Untuk proses tersebut dibutuhkan tambahan ragi, yang biasa dipakai adalah ragi roti. Proses peragian yang biasa dipakai adalah ragi roti. Proses peragian yang biasa berjalan antara 5-15 hari. Ragi yang telah bekerja ditandai oleh adanya gelembung-gelembung udara yang naik ke permukaan. 

Tanda lain adalah keluarnya bau tape. Proses ini terlihat nyata setelah hari kedua dan seterusnya. Proses ini berjalan tanpa membutuhkan zat asam arang, karena itu harus dijaga jangan sampai kemasukan udara dari luar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pipa plastic atau kaca yang berleher angsa, berbentuk U yang dimasukkan ke dalam botol atau jerigen yang diberi air.

Cara Pembuatan Anggur

Alat-alat :

- Panci  bersih
- Pipa plastic dengan garis tengah 1 cm
- Kain untuk menyaring atau kalo (dari bamboo atau plastic)

Persiapan :

Siapkan semua alat yang akan dipakai, dan dijaga agar alat-alat tersebut terjamin kebersihannya, tidak perlu disuci-hamakan (sterilisasi).Siapkan pisang klutuk yang benar-benar telah masak, dan dikupas bersih.
Pengolahan :

1. Buah pisang yang telah dikupas dirajang kecil-kecil (1-2 cm), kemudian direbus tetapi air tidak sampai mendidih.

2. Pisang diangkat lalu dilumatkan. Proses ini dapat dijalankan dengan meremas-remasnya atau menggiling. Setelah itu diperas lalu disaring denagn menggunakan kain penyaring ata kalo (dari bamboo atau plastic).

3. Kecambah atau taoge direbus dalam satu liter air. Setelah itu taoge diperas dan air perasan dicampur dengan air dan dipakai untuk merebusnya.

4. Air sari buah pisang dicampur dengan air perasan taoge. Setelah itu masukkan gula (1kg) dan tambahkan air sampai mencapai volume 6 liter.

5. Semua campuran itu dipanaskan pada suhu 69°C-72°C (pasteurisasi) tidak sampai mendidih, selama 15 menit. Setelah itu disaring lagi dengan kain penyaring.

6. Diendapkan sampai mencapai suhu 30 derajat C, lalu ditambahkan lagi roti sebanyak 3 sdt. Ragi tersebut lebih dahulu dilarutkan dalam air secukupnya.

7. Selanjutnya masukkan dalam botol atau jerigen dan ditutup denagn gabus. Buat lubang kecil pada gabus dan masukkan pipa plastic, lantas dirapatkan dengan lilin sehingga benar-benar tak ada udara yang dapat masuk keluar. Pipa berbentuk U diisi air untuk menahan udara.

8. Diamkan selama 14 hari dalam suhu kamar. Selama waktu itulah terjadi proses peragian.

9. Setelah 14 hari (ini relative untuk diperpanjang atau tidak ) air pisang klutuk disaring.

10. Air pisang klutuk telah menjadi anggur. Sekali lagi dimasak lalu ditambahkan gula secukupnya, sebab gula yang telah ada menjadi alkohol.

11. Anggur  pisang klutuk dikemas dalam botol sesuai selera,  dan siap dipasarkan.

Langkah- langkah Kerja

- Pisang dilumat  dan disaring
- Pencampuran taoge dan gula
- Pasteurisasi dan penyaringan
- Penambahan ragi roti dan pemasukan dalam botol
- Peragian
- Botol anggur dalam peti

Skema Pembuatan Anggur Pisang Klutuk

- Pisang dirajang lalu direbus dan diangkat
- Dilumat lalu disaring
- Air perasan dicampur air rebusannya
- Taoge direbus lalu diperas-air sari buah pisang dicampur air perasan taoge,gula dan air-gula pasir- air
- Campuran dipanaskan (pasteurisasi) dan disaring
- Ragi roti dilarutkan dalam air-diendapkan lalu dicampur larutan ragi roti
- Dimasukkan dalam botol
- Proses peragian lalu air pisang disaring
- Dimasak dan ditambah gula
- Anggur pisang siap dikemas


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


ISI BLOG INI HANYA BERBAGI INFORMASI SEPUTAR PELUANG WIRA USAHA ATAU BISNIS RUMAHAN, TRIMAKSIH ATAS KUNJUNGANNYA.

Peluang Usaha - 8:50 PM