;

Translate

Tuesday, April 22, 2014

Resep Cara Membuat Tepung Pisang

Tuesday, April 22, 2014

Resep maupun cara mambuat tepung dari buah pisang masih belum banyak dikenal, padahal cara ini merupakan salah satu pengolahan dan pengawetan yang mudah serta murah.
Sinar matahari adalah sumber energy utama  dalam pembuatan tepung pisang.  Disamping itu, terdapat alat pengering listrik (tray drier) yang relative mahal harganya dan sulit didapat didaerah-daerah pedesaan.  



Baik pisang muda, pisang tua atau yang masak bisa dijadikan tepung,  tetapi buah yang muda atau tua lebih gampang dan cept pembuatannya.  Sedang yang masak agak lama,  karena kadar patinya sudah berkurang.  Biasanya buah pisang yang masak keadaannya basah oleh kadar gula yang tinggi, sehingga memerlukan pengeringan lebih lama.

Sebelum dikeringkan (dijemur) buah pisang yang telah dikupas diiris setipis mungkin (kurang lebih 2mm), pisahkan pisang yang muda,   tua dan masak. Kemudian siapkan penjemuran.  Seng adalah tempat penjemuran yang baik karena mudah menyimpan panas dan pengeringan akan lebih cepat.  

Diatas seng ditebarkan kertas Koran yang bersih. Ini diperlukan, apalagi kalau buah pisangnya masak, yakni untuk menghindarkan irisan paling merekat. Kalau merekat pada kertas akan lebih mudah dipisah.
Irisan-irisan ditebarkan secara teratur supaya lebih mudah membalik-balikannya. 

Lama penjemuran  antara 14 sampai 15 jam dalam keadaan sinar matahari normal. Jadi tidak cukup hanya dalam satu  hari. Kecuali pisang yang masak, waktu penjemuran harus ditambah hingga irisan-irisan pisangnya benar-benar kering.

Setelah pengeringan selesai  diteruskan dengan proses penepungan. Penepungan pisang dilakukan dengan alat penggiling (grinder) atau penggiling kopi. Bila alat ini tidak ada bisa dengan menumbuknya dalam lesung. 

Caranya seperti menumbuk beras untuk dijadikan tepung dengan  menggunakkan saringan halus (ayak-ayak). Bagian yang sudah ditumbuk lalu disaring (diayak) untuk memisahkan bagian yang halus.  Bagian yang masih tertinggal di saringan tumbuk lagi, setelah itu disaring lagi. Begitu seterusnya sampai semuanya menjadi tepung.

Proses Pembuatan Tepung Pisang

Mengambil pisang tua yang belum masak
Pisang dikupas
Diiris dengan sugu supaya tipis
Direndam 30 menit dalam air tawar
Dijemur sampai 15 jam
Ditumbuk halus
Diayak dan yang kasar ditumbuk lagi
Tepung disangan dengan  kuali, 15 menit
Kemudian tepung didinginkan 1-2 jam
Dimasukkan dalam kantong plastic dan dilak rapat

Skema Pembuatan Tepung Pisang

Pisang dikupas dan diiris setipis mungkin
Direndam air tawas 30 menit lalu dikeringkan 15 jam lalu dikeringkan 15 jam
Ditumbuk halus lalu diayak dengan saringan
Tepung disangan 15 menit dan didinginkan 1-2 jam
Dikemas dalam kantong plastic

Tepung Pisang Untuk Bahan Makanan

Sebagai bahan makanan, tepung pisang mengandung zat-zat yang berguna seperti : vitamin A, B1-2, C, protein dan bahan pelengkap berupa zat tepung yang dapat menghasilkan kalori. Dengan nilai gizi yang cukup tinggi ini tepung pisang baik sekali dijadikan bahan makanan bayi. Apalagi pisang sangat mudah dicerna, sehingga cocok dengan tingkat daya cerna bayi. 

Bukan itu saja, tepung pisang dapat dibuat pula dibuat kue. Tetapi karena daya rekat tepung pisang rendah, maka perlu dicampur dengan tepung lainnya seperti : tepung terigu, tepung kedele, tepung beras, dan tepung ubi kayu. Percampuran ini dilakukan dengan perbandingan yang sama atau seimbang, tergantung dari jenis kue yang akan dibuat.

Suatu hal yang tidak bisa ditolak, warna tepung pisang, warna tepung pisang aga kecokelat-cokelatan sehingga kurang menarik. Namun, demikian soal warna tidak lah penting. Yang penting disini adalah usaha penelitian bagaimana pembuatan tepung pisang ini bermutu tinggi, sehingga dapat dikembangkan melalui usaha indrustri secara besar-besaran, tidak terbatas untuk indrustri rumah (home industry).

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


ISI BLOG INI HANYA BERBAGI INFORMASI SEPUTAR PELUANG WIRA USAHA ATAU BISNIS RUMAHAN, TRIMAKSIH ATAS KUNJUNGANNYA.

Peluang Usaha - 5:20 PM